Kamis, 22 April 2010

Kepiting Unik

Ni ada beberapa spesies kepiting yg aneh,
Buat di pelajari:


Spoiler for info kepiting:
Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari infraordo Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ke dalam Brachyura termasuk kepiting, ketam, dan rajungan.

Kepiting terdapat di semua samudera dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis.

Kepiting sejati mempunyai lima pasang kaki; sepasang kaki yang pertama dimodifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan untuk bergerak. Di hampir semua jenis kepiting, kecuali beberapa saja (misalnya, Raninoida), perutnya terlipat di bawah cephalothorax. Bagian mulut kepiting ditutupi oleh maxilliped yang rata, dan bagian depan dari carapace tidak membentuk sebuah rostrum yang panjang. Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih ("phyllobranchiate"), mirip dengan insang udang, namun dengan struktur yang berbeda


Spoiler for 1. Paralomis hystrix:

Salah 1 spesies dari kepiting raja,Idupnya di kedalaman 180-400m di teluk Tokyo

Spoiler for 2. Lyreidus tridentatus:

Masih 1 keluarga ama Raninidae,kepiting yang aneh karena bentuknya kayak kodok,masih saudara jauh dari mol crab (enak ga ya?)


Spoiler for 3. Spiny King Crab:

Kepiting duri lagi nih,dipanggil juga kepiting batu,idup di dasar laut yang dingin,dan biasa dijual buat dimakan (slrrp jadi pengen coba)


Spoiler for 4. Yellowline Arrow Crab:


dipanggil juga Stenorhynchus seticornis,bisa idup ampe 15cm-6 inchi,idup di pesisir samudra atlantik di utara dan selatan amerika


Spoiler for 5. Japanese Spider Crab:


dipanggil juga Macrocheira kaempferi,bentuknya nyeremin,kakinya bisa tumbuh sampai 4m - 13 kaki,badannya bisa sampai 37cm, beratnya bisa sampai 20kg,dan bisa idup sampai 100 tahun (enak nih)


Spoiler for 6. Lightblue Soldier Crab:


Kepiting yang aneh ini idup di tengah samudra hindia sampai daerah barat samudra pasifik,kalau terancam mereka bakal ngubur diri di dalam pasir


Spoiler for 7. Lithodes maja:

salah satu kepiting raja yang berduri,idup di laut dingin di daerah Eropa dan Amerika Utara,bisa hidup beberapa meter dari permukaan laut,sampai 800 meter di bawah permukaan laut..(kuat uy)


Spoiler for 8. New Zealand Half Crab:

Punya nama lain Petrolisthes elongatus,hidup di new zealand dan pantai timur tasmania,capitnya lebih gede dari badannya dan punya warna dominan biru dan hijau,ga seperti kepiting lain,kepiting ini kakinya cuma 3 pasang,kepiting biasanya punya 4,yang disebut kaki "pembersih",di belakang badannya


Spoiler for 9. Hawaiian Pompom Crabs:

Kepiting ini bisa hidup di anemon,dan habitatnya juga di anemon


Spoiler for 10. Chilean Centolla:

Kalau ini raja kepiting dari selatan,terkenal karena gedenya,warna merahnya dan durinya..


Spoiler for 11. Sponge Crab (Dromia personata):

Kepiting ini badannya penuh bulu,padahal warna capitnya pink,dan kakinya kecil banget...(gede gara gara bulu?)


Spoiler for 12 . Red King Crab:

Salah satu kepiting raja yang paling mahal buat dijual..badannya berkisar dari 28cm,dan kakinya bisa sampai 1.8m,bisa didapat di Selat Bering,dan
Selat Norton,Alaska,kepiting ini nangkapnya susah banget,tapi tetap diburu,karena konon rasanya lebih maknyos dari lobster (jadi kepengen...)


Spoiler for 13. Tasmanian Giant Crab:

Salah satu kepiting tergede di dunia,nama lainnya Pseudocarcinus gigas..,dikenal juga sebagai Kepiting raksasa laut dalam,idup di laut selatan australia,bisa mencapai berat 13kg,dan cangkangnya berdiameter 46 cm


Spoiler for 14. European Spider Crab :

dipanggil juga Maja squinado (keren bo),salah 1 jenis kepiting yang kerjanya migrasi,dari Timur laut samudra atlantik sampai laut mediterania,migrasi terjadi saat musim gugur,biasanya jalan baris sampai 160km,dan dipanen saat migrasi,bisa sampai ber ton ton panenan kepiting didapat (enak euy)


Spoiler for 15. Warty Crab:

nama lainnya Eriphia verrucosa,hidup di laut hitam,laut mediterania,dan bagian timur samudra atlantik


Spoiler for 16.Lopholithodes mandtii:



Spoiler for 17. Coconut Crab:

Disebut juga Ketam kenari di Indonesia,ini termasuk Atrhopoda terbsar di dunia,dan udah langka,tapi masih sering diburu buat makanan (katanya enak,tapi kan kasian dah langka...)


Spoiler for 18. Gigantor Crab:

Buet kepiting gede nih....kalo dicapit tangan bisa copot kali ya?


Spoiler for 19. Corystes cassivelaunus:

Disebut juga kepiting bertopeng dari pesisir Belgia,ukuran cangkang cuma sekitar 23mm


Spoiler for 20. Liocarcinus vernalis:

Kepiting Vernal dari pesisir Belgia juga


Spoiler for 21. Atelecyclus rotundatus:



Spoiler for 22. Thia scutellata:

Di Belanda,dipanggilnya Nagelkrab


Spoiler for 23. Fiddler crab:



Spoiler for 24. Ocypode quadrata (Martinique):



Spoiler for 25.Hepatus epheliticus:

dipanggil juga Kepiting Calico


Spoiler for 28. Grapsus grapsus:

Salah satu kepiting merah dari kepulauan Galapagos

Spoiler for 29. Gecarcinus quadratus (Nosara):

Disebut juga Kepiting Haloween di Nosara,Costa Rica


Spoiler for 30. Sponge-Bob Crab:

Gara gara banyak yang nge request kepiting yang ini....ane tongolin deh....
Nama lainnya Mr.Crab,Habitatnya Di Bikini Bottom,Sodaraan ama Spongebob dan Patrick kali ya?? wakaka,dan satu lagi yang ini paling aneh,kepiting yang ini bisa ngomong dan pake baju!!


sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Kepiting







Related Posts by Categories









0 komentar:

Poskan Komentar

Selamat Berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...