Minggu, 06 Februari 2011

Masa Kadaluarsa Barang-Barang Pribadi

1. Sisir
Bersihkan sisir dengan air hangat satu kali dalam seminggu. Ganti jika sikat sisir mulai rusak atau sudah terasa sakit saat digunakan. Menariknya, satu milimeter folikel rambut bisa membawa 50.000 bakteri. Sisir bahkan bisa membawa bakteri lebih banyak, karena menjadi sarang bertumpuknya sel kulit kepala mati dan sisa produk perawatan rambut. Jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan ketombe, atau masalah rambut lain.




2. Sikat gigi

Efektivitas sikat gigi hanya berumur tiga bulan. Jika bulu sikat mulai rusak sebaiknya segera ganti dengan yang baru, karena bisa membuat gusi terluka dan berdarah. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.




3. Bra
Beli bra baru tiap tiga bulan. Khusus bra olahraga, ganti baru setelah dicuci 30 sampai 40 kali. Hindari menggunakan detergen kimia dan pelembut karena merusak bahan lycra (sejenis benang yang mudah menyusut) pada bra. Perlu membeli bra secara teratur karena payudara terdiri dari jaringan lemak. Jika tidak tersangga dengan baik, payudara akan lebih cepat turun dan mengendur.




4. Matras
Ganti matras atau ranjang setiap 8-10 tahun. Fungsi matras yang menurun bisa menurunkan kualitas tidur penggunanya. Belum lagi tungau dan kutu yang berkembang biak di dalamnya bisa memicu gangguan kulit. Penting, terutama buat yang suka garuk-garuk ga jelas ketika bangun tidur!




5. Alas memotong/talenan
Selalu bersihkan dan cuci dengan cairan disinfektan setelah digunakan. Ganti dengan yang baru, jika mulai sulit dibersihkan. Hebatnya lagi, paparan bakteri alas untuk memotong 50 kali lebih banyak daripada dudukan toilet. Untuk itu, sayang sekali bukan cuma gara-gara barang sepele seperti ini kesehatan keluarga jadi terganggu!




6. Handuk
Cuci handuk tiap minggu dalam air bertemperatur 60 derajat celsius. Kita bisa dengan mudah terkena infeksi kulit jika jarang mencuci handuk. Apalagi jika handuk juga digunakan oleh orang lain, penyakit kulit akan menular. Jangan memiliki kebiasaan berbagi handuk yang sama dengan orang lain.




sumber: http://www.blog-santai.com/2011/01/yuk-kenali-masa-pakaikadaluarsa-barang.html



Related Posts by Categories









0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...