Rabu, 19 Januari 2011

Coober Pedy, kota Unik yg Terletak di Bawah Gurun



Coober Pedy merupakan sebuah kota yang terletak di bagian utara Australia Selatan dan dikenal sebagai ibukota opal dunia, karena hampir 95 persen dari pasokan opal dunia berasal dari tambang setempat. Ini kota kecil dengan penduduk sekitar 3000, memiliki cara hidup yang unik - hampir setengah dari mereka hidup di bawah tanah.



Kembali pada tahun 1916 ketika orang-orang pindah ke Coober Pedy untuk tambang opal, suhu musim panas yang keras memaksa mereka masuk ke dalam gua-gua yang digali di lereng bukit. Ketika suhu di luar mengamuk lebih dari 40 derajat Celcius, suhu di bawah tanah tetap nyaman dan stabil  sepanjang tahun. Bahkan saat ini, orang kota lebih memilih untuk membangun rumah mereka di gua-gua bawah tanah. Bahkan, banyak dari rumah yang ditinggali sekarang adalah sisa dari jalur tambang opal.







Membangun rumah baru di Coober Pedy jauh lebih murah dan lebih cepat dibandingkan dengan metode pembangunan konvensional. Rumah tidak sepenuhnya di dalam gua seperti yang orang-orang bayangkan namun digali dari sisi bukit. Pintu masuk biasanya di tepi jalan, dan kamar digali ke dalam bukit.



 








Gereja Coober Pedy




Rumah-Rumah di Coober Pedy



Contoh Rumah Coober Pedy
Hotel di Coober Pedy

source: http://www.strov.co.cc/2010/01/coober-pedy-kota-unik-di-bawah-gurun.html




Related Posts by Categories









0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...